Tuesday, May 8, 2012

Pengertian Kerelawanan

Kerelawanan adalah bagian inheren jiwa setiap manusia. Ia adalah naluri yang paling suci dalam diri. Kerelawanan membuat manusia siap bergerak, sekaligus memotivasi diri untuk melakukan sesuatu demi kepentingan bersama untuk hidup yang lebih baik. Karena itu,  apabila terpelihara rasa kerelawanan dalam setiap jiwa, maka sifat tulus adalah cerminan yang siap memantulkan cahaya kerelaan dalam kepribadian sehari-hari.
   Manusia pada dasarnya adalah baik. Maka jiwa untuk saling menolong adalah bahasa naluri yang sejatinya sudah tertanam sejak manusia itu lahir. Namun, tak berhenti sampai disitu, ada sisi-sisi lain dari kehidupan manusia yang bisa mengubah keadaan alamiah itu, yakni kondisi keluarga dan lingkungannya.
   Di situlah karaktek manusia dibentuk. Jika keluarga dan lingkungannya baik, maka baiklah perkembangan manusianya. Demikian juga sebaliknya.Kondisi ini juga, pada akhirnya memengaruhi manusia dalam bertindak. Selama lingkungan dan keluarganya baik, maka keluarga tersebut akan mengajarkan kepada sesorang bahwa kerelawanan untuk berbuat bukanlah merupakan paksaan, melainkan panggilan jiwa.

0 comments:

Post a Comment