Tuesday, May 8, 2012

Pengertian Syok



Bila sistem peredaran darah (sirkulasi) terganggu dan gagal mengirimkan suplaidarah yang mengandung oksigen dan bahan nutrisi lainnya ke seluruh organ vital seperti otak, jantung, dan paru-paru baik itu pada perdarahan luar ataupun dalammaka kondisi ini akan menyebabkan seseorang mengalami HIPOPERPUSI atau biasa dikenal dengan istilah SYOK.

Sistem Sirkulasi Darah
Nah ketika berbicara tentang syok, tentunya kita harus tahu apa saja yang dapat menyebabkan seseorang akan mengalami gangguan tersebut. Dari defenisi syok kita bisa gambarkan bahwa penyebab utama dari kondisi tersebut adalah gagalnya satu atau beberapa komponen utama sirkulasi dalam menyuplai kebutuhan tubuh kita.

Untuk lebih jelasnya, let's check it out apa saja penyebab syok tersebut:

  • Kegagalan Jantung memompa darah, contoh kasus adalah ketika korban mengalami gagal jantung atau serangan jantung (heart attack). Jantung sebagai alat utama pemompa darah yang berisi oksigen dan nutrisi gagal atau tidak mampu menjalankan fungsinya untuk memasok darah sesuai dengan kebutuhan.
  • Kehilangan darah dalam jumlah yang besar. Perlu diketahui bahwa darah tidak hanya terdiri dari bagian yang padat saja tapi juga ada bagian yang cair. Nah kehilangan darah yang paling sering mengakibatkan syok adalah akibat perdarahan. Contoh lain adalah ketika terjadi luka bakar, atau pun diare, dimana kedua hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh dalam jumlah besar, dan oleh tubuh cairan yang hilang tersebut segera digantikan oleh cairan darah. Hal inilah yang dapat menyebabkan jumlah darah yang beredar berkurang.
  • Pelebaran (dilatasi) pembuluh darah yang luas sehingga darah tidak dapat mengisinya dengan baik. Jika dilatasi terjadi, jumlah darah yang tersedia (ada) dalam tubuh tidak mencukupi untuk mengisi ruang pembuluh darah yang telah melebar ini. Kelainan ini bisa terjadi akibat kelumpuhan syaraf akibat cedera tulang punggung, infeksi berat atau akibat gangguan tubuh, yang di dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah Anafilaktik(suatu keadaan pada penyakit alergi yang sangat parah).

Nah ketika kita sudah mengetahui penyebab terjadinya syok, maka dapat disimpulkan bahwa apapun penyebabnya, akibatnya akan tetap sama yaitu perfusi berkurang dengan dampak nyawa penderita terancam. Untuk tanda dan gejala Syok akan dibahas lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment